9 Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Cepat dan Manjur

Obat sakit gigi – Setiap orang pasti pernah merasakan sakit gigi. Sakit gigi ini sangat menyiksa karena rasa nyerinya bisa menjalar sampai ke kepala. Di musim penghujan dengan hawa dingin seperti saat ini hampir semua orang yang bermasalah dengan giginya akan kambuh.

Penyebab sakit gigi yang sering dijumpai karena adanya lubang gigi yang semakin membesar, setelah itu mempengaruhi saraf. Jika sudah seperti itu mengkonsumsi obat menjadi salah satu cara terbaik. Simak beberapa rekomendasi obat sakit gigi paling manjur berikut ini:

1. Garam

Saat sakit gigi menyerang, dokter gigi tidak bisa memberikan penanganan langsung. Umumnya mereka akan memberikan penanganan saat Anda sudah tidak merasakan sakit lagi. Anda bisa membuat larutan air garam untuk bisa membuat sakit gigi berkurang.

Dengan larutan garam ini sisa makanan yang masuk ke dalam lubang gigi juga bisa hilang. Gigi yang belum ditambal berisiko terisi dengan makanan sehingga memicu rasa sakit. Anda bisa mengambil satu sendok teh garam kemudian larutkan ke dalam setengah gelas berisi air hangat, gunakan untuk berkumur. Tunggu beberapa saat, sakit gigi Anda akan bisa berkurang.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antiseptik. Selama ini banyak yang menggunakan bumbu dapur ini untuk meredakan sakit gigi. Bawang putih memiliki kemampuan dalam melepas allicin agar bisa menghasilkan minyak alami untuk melawan bakteri.

Cara mengatasi sakit gigi dengan bawang putih ini pun sangat mudah dimana Anda bisa menyiapkan satu siung bawang putih, kupas kemudian cuci bersih. Setelah itu Anda bisa mengunyah bawang putih menggunakan gigi yang sakit. Anda juga bisa menempelkan bawang putih tersebut.

3. Es Batu

Es batu tidak hanya digunakan sebagai penghilang mata panda saja, namun juga sangat efektif untuk meredakan sakit gigi. Suhu dingin pada es batu ini mampu membuat saraf menjadi kebas sehingga nyeri gigi menjadi berkurang.

Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan es batu pun mudah yaitu Anda tinggal mengompres bagian gigi yang sakit dengan es batu sampai rasa sakitnya berkurang. Kompres dalam waktu lima belas menit gigi Anda akan menjadi lebih nyaman.

4. Bawang Merah

Obat selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah bawang merah. Bawang memiliki kandungan anti microbial dan juga antiseptik. Karena kandungan tersebut membuat bumbu dapur satu ini bisa digunakan sebagai obat pereda sakit gigi.

Cara mengatasi sakit gigi dengan bawang merah sangat mudah sekali. Anda bisa mengambil satu buah bawang merah dengan ukuran sedang, kupas dan cuci sampai bersih. Setelah itu haluskan dan tempelkan pada gigi Anda yang sakit.

5. Cuka Apel

Cuka ini tidak hanya bermanfaat untuk bumbu dapur saja namun juga bisa digunakan sebagai pereda nyeri pada gigi yang efektif. Cuka ini memiliki kandungan antimikroba dan antibakteri. Cara yang bisa Anda lakukan pun sangat mudah, Anda bisa melarutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air.

Anda bisa menggunakan larutan tersebut untuk berkumur. Bisa juga Anda meneteskan cuka apel ke dalam gulungan kapas kecil setelah itu tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit sampai rasa sakit pada gigi berkurang.

6. Obat Kumur Hidrogen Peroksida

Obat kumur ini akan membantu meredakan nyeri dan juga peradangan. Bahkan obat ini bisa meredakan pendarahan pembuluh darah di sekitar gusi. Gusi berdarah pun bisa disembuhkan dengan obat kumur satu ini. Hidrogen peroksida ini bisa membunuh bakteri dan mengurangi plak gigi sehingga gigi yang sehat bisa Anda dapatkan.

Penting untuk mengencerkan hidrogen peroksida dengan benar. Anda bisa mencampurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan air menggunakan jumlah yang sama. Gunakan sebagai obat kumur. Hindari menelannya demi keamanan Anda.

7. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh ini sudah lama menjadi obat gigi tradisional. Obat ini sudah banyak digunakan sejak dulu. Kandungan eugenol yang ada pada minyak cengkeh ini memiliki fungsi yang mana menjadi anestesi alami yang bisa menghilangkan sakit gigi.

Agar sakit gigi ini tidak semakin parah Anda bisa menggunakan gulungan kapas kecil yang mana ditetesi minyak cengkeh. Setelah itu Anda bisa menempelkannya pada bagian gigi yang terasa sakit.

8. Daun Jambu Biji

Daun ini tidak hanya dijadikan sebagai obat diare saja namun juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi yang alami. Kandungan analgesik, anti radang dan juga anti mikroba yang dimiliki oleh jambu daun biji ini bisa digunakan sebagai pereda nyeri gigi berlubang.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menumbuk daun jambu biji yang sudah dicuci bersih secukupnya. Setelah itu masukkan tumbukan daun jambu biji ke dalam panci, masukkan 3 gelas air. Rebus tumbukan daun biji tersebut sampai air mendidih dan tersisa setengahnya, saring, kemudian diamkan sampai dingin. Gunakan air rebusan untuk berkumur.

9. Paracetamol 500 mg

Jika belum membantu, obat sakit gigi terakhir yang bisa dijadikan pilihan adalah paracetamol 500 mg. Paracetamol ini bisa meredakan nyeri yang disebabkan oleh demam, sakit kepala dan juga sakit gigi. Ada berbagai macam merek yang bisa Anda temukan di Apotek, sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Demikianlah obat sakit gigi paling manjur yang bisa Anda gunakan untuk meredakan sakit gigi Anda, semoga informasi ini bermanfaat.

Share on:

Tinggalkan komentar