Dapat Redakan Nyeri, Inilah Obat Asam Lambung Yang Bisa Anda Konsumsi

Asam lambung menjadi salah satu penyakit yang bisa semakin serius jika tidak segera mendapatkan penanganan. Anda bisa mengatasinya dengan obat asam lambung yang direkomendasikan oleh dokter atau obat yang Anda beli langsung di apotek. Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan munculnya rasa terbakar yang Anda rasakan di bagian dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun penyakit ini tidaklah mematikan, namun haruslah mendapatkan penanganan segera supaya tidak memunculkan komplikasi. Karena jika kondisi ini semakin parah, maka bisa membuat Anda merasakan sakit yang berlebih dan menghambat setiap aktivitas Anda.

Penyebab Asam Lambung

Penyebab dari munculnya asam lambung adalah karena melemahnya otot pada bagian bawah kerongkongan. Otot tersebut bentuknya menyerupai cincin yang bisa membuka dan menutup saluran kerongkongan. Ketika sedang makan, maka otot di bawah kerongkongan akan mengendur. Dengan begitu, makanan bisa masuk dari kerongkongan ke dalam lambung. Setelah makanan Anda turun ke lambung, maka otot di bawah kerongkongan akan menegang dan menutup.

Bagi Anda yang menderita asam lambung, otot di bawah kerongkongan akan melemah, jadi tidak bisa menutup. Akibatnya, isi di dalam lambung dan asam lambung akan naik ke kerongkongan. Ada beberapa kondisi yang bisa membuat otot di bawah kerongkongan melemah. Diantaranya berupa obesitas, usia lanjut, kehamilan, gastroparesis, hernia hiatus, dan scleroderma.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Gejala utama yang Anda alami saat menderita asam lambung adalah rasa yang seolah-olah terbakar di dada dan akan semakin parah setelah Anda mengonsumsi makanan atau saat sedang berbaring. Hal ini juga bersamaan dengan adanya keluhan lainnya yang mengganggu pencernaan. Misalnya saja seperti sering mengalami sendawa, mual dan muntah, maag, dan sesak napas. Bahkan Anda juga akan merasakan asam di mulut.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Jika sewaktu-waktu Anda mengalami asam lambung, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk pertolongan pertama.

1. Minum Air Putih

Air putih sangatlah penting untuk bisa menyeimbangkan kadar pH. Dengan begitu, usus pun bisa bekerja secara cepat saat proses mengosongkan lambung. Jadi, akan lebih baik jika Anda memperbanyak minum air putih saat asam lambung sedang naik.

2. Menarik Napas Dalam-Dalam

Jika asam lambung naik, maka hiruplah oksigen dalam-dalam. Udara yang masuk bisa dikontrol saat Anda menarik napas panjang dan dalam. Kadar udara mampu untuk menguatkan otot-otot yang ada di bawah tenggorokan. Dengan begitu, hal ini bisa untuk mengurangi risiko naiknya asam lambung. Jika masih belum pulih, Anda bisa segera mengonsumsi obat asam lambung untuk meredakan rasa sakitnya.

3. Mengunyah Permen Karet

Anda bisa mengunyah permen karet saat asam lambung naik. Hal ini karena mengunyah permen karet mampu untuk merangsang pelepasan air liur yang membuat zat asam yang terakumulasi di lambung akan bisa dinetralisasi.

Obat Asam Lambung

Untuk mengatasi asam lambung, maka Anda bisa mengonsumsi obat dari resep dokter atau menggunakan obat alami yang bisa Anda olah sendiri di rumah. Obat-obatan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Obat Resep Dokter

  • Antasida

Obat ini memiliki fungsi untuk menetralkan asam lambung. Anda bisa mengonsumsinya sebelum makan atau setelah makan. Antasida ada yang dalam bentuk cairan suspensi dan ada juga yang berbentuk tablet kunyah. Bahkan Anda bisa mendapatkan obat ini tanpa menggunakan resep dokter dan membelinya di apotek.

  • Antagonis H2

Obat ini berfungsi untuk mengurangi produksi asam lambung. Obat yang berjenis antagonis H2 bekerja secara lambat, namun mampu untuk meredakan gejala asam lambung dalam waktu yang lama. Selain untuk mengobati asam lambung, obat ini juga bisa untuk mengobati penyakit tukak lambung, radang lambung, dan maag.

  • Prokinetik

Obat jenis prokinetik mampu untuk mengosongkan lambung dengan lebih cepat serta menjaga fungsi katup yang ada di antara lambung dan kerongkongan. Dengan begitu, asam lambung tidak mudah untuk naik ke kerongkongan.

2. Obat Alami

  • Jahe

Sebagai obat asam lambung, jahe mengandung sifat anti radang yang bisa mengatasi nyeri di ulu hati. Untuk mengatasi asam lambung, Anda bisa membuat jahe menjadi minuman hangat. Selain menggunakan jahe mentah, Anda juga bisa memanfaatkan minuman jahe yang banyak dijual di pasaran.

  • Akar Manis

Akar manis mampu untuk meredakan gejala nyeri yang Anda rasakan di ulu hati akibat dari asam lambung. Hal ini karena adanya kandungan berupa zat di dalam licorice yang sifatnya antioksidan dan anti radang. Dengan begitu, dapat mengurangi terjadinya pembengkakan, peradangan, dan luka di lambung serta kerongkongan akibat asam lambung.

  • Teh Chamomile

Teh ini biasanya untuk meredakan nyeri perut, mual, muntah, dan nyeri perut. Ramuan herbal dari teh chamomile mampu secara alami untuk mengurangi gejala asam lambung yang Anda derita.

Jadi, jika asam lambung Anda naik, maka Anda bisa menggunakan obat asam lambung yang diperoleh dari rumah sakit atau langsung membeli di apotek. Bisa juga dengan mengonsumsi herbal yang memiliki kandungan untuk menyembuhkan penyakit asam lambung.

Share on:

Tinggalkan komentar