Manfaat Dan Ciri-Ciri Madu Asli Yang Baik Untuk Kesehatan

Madu merupakan salah satu makanan dengan rasa manis yang dihasilkan oleh lebah. Rasa manis dari madu ini adalah alami tanpa ada campuran gula, sehingga manfaat madu sangatlah banyak. Baik itu untuk kesehatan tubuh, kesehatan rambut, dan juga kesehatan kulit. Sehingga tidak jarang, madu sering kali menjadi campuran untuk makanan yang bisa memberikan rasa manis tanpa harus menambahkan gula.

Di Indonesia sendiri sudah banyak peternak lebah yang berusaha untuk mengumpulkan madunya lalu dijual. Menyadari bahwa tidak sedikit orang yang mencari madu asli untuk mendukung kesehatannya. Oleh karena itu, wajar saja jika dalam satu botol madu dengan ukuran tertentu menawarkan harga hingga ratusan ribu rupiah. Bahkan madu sendiri ada berbagai jenis dan setiap jenisnya juga memiliki khasiat serta harga yang berbeda-beda.

Kandungan Dan Manfaat Madu

Di dalam madu terkandung banyak sekali zat yang mampu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Berikut adalah beberapa kandungan pada madu beserta manfaatnya untuk tubuh.

Karbohidrat

Madu bisa menjadi sumber karbohidrat yang sangat baik untuk tubuh Anda. Hal ini karena adanya nektar yang merupakan bahan utama dalam membentuk madu, di mana nektar ini terdiri dari sukrosa serta air. Kemudian lebah juga memberikan tambahan berupa enzim yang bisa menghasilkan senyawa kimia dan nilai gizi madu sehingga jadilah karbohidrat.

Karbohidrat baik sekali untuk menambah energi. Tidak mengherankan jika para atlet kerap mengonsumsi madu untuk menambah tenaganya. Selain mengonsumsinya secara langsung, Anda bisa mencampur madu dengan makanan. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi madu setelah berolahraga

Gula

Gula yang terkandung di dalam madu adalah gula alami sebanyak 80% yang terdiri dari fruktosa dan glukosa. Bahkan gula pada madu bisa mengalahkan manisnya pada gula pasir. Gula alami pastinya lebih sehat Anda konsumsi daripada gula pasir biasa. Sehingga cocok sekali jika Anda mengganti gula pasir saat membuat makanan atau minuman dengan madu.
Bahkan walaupun manis, penderita kolesterol boleh mengonsumsinya karena pemanis alami ini mampu meningkatkan kolesterol HDL yang tentu saja baik.

Air

Madu mengandung air sebanyak 18%. Kandungan air ini inilah yang mampu untuk melembabkan. Di mana manfaat madu tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga baik untuk kesehatan kulit. Dengan menggunakan masker madu, maka Anda bisa mendapatkan kulit yang lembab, halus, dan lembut.

Mineral Dan Vitamin

Di dalam madu terkandung mineral dan vitamin alami yang mampu membantu metabolisme kolesterol dan asam lemak yang tidak diinginkan oleh organ serta jaringan dalam sistem tubuh. Dengan begitu, madu sangatlah baik untuk pencegahan obesitas serta bisa meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain itu, vitamin yang ada dalam madu adalah vitamin B6, thiamin, niasin, riboflavin, asam pantotenat, serta asam amino. Bahkan selain vitamin juga ada mineral seperti kalsium, tembaga, besi, mangan, fosfor, magnesium, natrium, seng, dan kalium. Kandungan vitamin dan mineral dalam madu inilah yang baik untuk metabolisme tubuh Anda.

Antioksidan

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit cantik dan sehat, maka mengosumsi madu secara rutin adalah solusinya. Karena di dalam madu terdapat asam fenolik dan flavonoid sebagai sumber antioksidan alami yang bebas dari lemak serta kolesterol. Kandungan antioksidan pada madu bisa membantu untuk menangkal radikal bebas yang membuat penuaan dini.

Kalori

Perlu Anda ketahui bahwa dalam satu sendok madu terkandung 64 kalori, di mana jumlahnya lebih banyak daripada gula pasir biasa. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kalori pada madu sudah didukung dengan kandungan lainnya yang bermanfaat, misalnya berupa vitamin, antioksidan, dan mineral. Sehingga kalori di tubuh Anda pun akan seimbang.

Ciri-Ciri Madu Asli

Agar Anda bisa mendapatkan manfaat madu secara maksimal, maka akan lebih jika mengetahui apa saja ciri-ciri dari madu asli.

Madu Bertekstur Kental

Ketika botol madu Anda goyang-goyangkan dan tampak bergerak lambat, maka berarti madu tersebut bertekstur kental dan menandakan madu itu asli. Tetapi jika madu bergerak cepat dan ringan, maka itu menandakan madu palsu.

Tidak Membeku Di Freezer

Ketika Anda memasukkan madu ke freezer dan madu tidak membeku, hal tersebut menandakan itulah madu asli. Sedangkan jika madu membeku, maka sudah memiliki campuran dan bukan madu murni.

Tidak Mudah Terbakar

Saat madu Anda bakar dengan cara memasukkan korek api ke dalamnya dan menyalakannya, lalu terlihat batang korek yang terbakar, maka itu menandakan madu asli. Namun jika tidak, maka madu memiliki zat tambahan.

Tidak Lengket

Anda bisa mengambil madu dengan jari dan menggosoknya. Jika tidak lengket, berarti itu adalah madu asli karena bisa menyerap ke kulit. Tetapi jika madu terasa lengket, maka itulah madu yang palsu.

Mengalir Tanpa Putus

Meskipun mengandung air, namun jumlahnya sangat sedikit, sehingga biasanya madu murni mengalir tanpa putus dan lapisannya menghilang cepat saat botol Anda balik. Dengan begitu, madu pun tidak akan mengalir putus-putus. Kemudian saat Anda membalikkan botol lalu gelembung udaranya naik cepat, maka itu menandakan madu memiliki banyak kandungan air.

Menjadi Karamel Dan Tidak Berbusa Saat Dipanaskan

Jika Anda memanaskan madu, lalu madu berubah menjadi karamel dan tidak memunculkan busa, maka itu menandakan madu tersebut asli. Tetapi jika tidak ada perubahan pada teksturnya dan hanya menjadi panas saja, maka itulah madu palsu.

Itulah beberapa manfaat madu yang baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit Anda. Namun, pastikan Anda memilih madu yang asli dengan ciri-ciri tersebut agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Share on:

Tinggalkan komentar