cara memilih krim pemutih wajah yang aman baik dan benar

Tips Memilih Krim Pemutih Wajah yang Baik, Aman Menurut BPOM

Posted by

Krim pemutih merupakan hal yang sudah wajar bagi kaum hawa, mereka menggunakan krim pemutih tentu digunakan untuk merawat kulit terutama bagian wajah. Banyak krim pemutih yang sudah beredar di pasaran dengan berbagai macam merk yang beredar. Namun tidak semua aman dan cocok dikulit bukan ?

Banyak merk yang menawarkan dengan promosi yang menggiurkan seperti menuliskan bisa putih dengan cepat dan instant, namun tentu semua hal tidak ada yang instant dan semuanya butuh proses. Apakagi tidak semua krim itu cocok di kulit semua orang pasti ada yang tidak cocok bahkan ada juga yang bisa menimbulkan iritasi oleh sebab itu tips memilih krim pemutih secara baik dan benar itu sangat diperlukan.

cara memilih krim pemutih wajah yang aman baik dan benar

Tips Memilih Krim Pemutih Wajah yang Baik, Aman & Benar

Sebenarnya memilih krim pemutih untuk kulit itu gampang gampang susah, ada beberapa poin penting yang harus kita perhatikan ketika memilih atau sebelum membeli krim pemutih itu. Berikut akan saya jelaskan bagaimana cara memilih krim pemutih kulit yang benar dan baik simak baik – baik ya.

 

Tips Memilih Krim Pemutih Wajah yang Baik, Aman, dan Benar

#1. Menyesuaikan Jenis Kulit

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kulit seseorang itu berbeda beda dan memiliki ke sensitifan sendiri-sendiri. Sehingga ada baiknya jika kita membeli krim pemutih belilah yang sesuai dengan jenis kulit kita agar nantinya tidak memberikan efek samping yang mungkin bisa menjadi fatal di kulit. Karena kulit yang rusak itu sulit untuk diperbaiki. Ada bermacam-macam jenis kulit berikut saya akan menjelasakannya satu persatu.

  • Kering

Kulit jenis ini memiliki kelembapan yang kurang sehingga mudah sekali kasar, tidak kenyal, dan terlihat kusam. Apalagi jika terkena sinar matahari kulit jenis kering bisa sangat mudah menjadi iritasi. Tidak hanya itu jika anda suka mandi menggunakan air panas maka kulit bisa saja mengelupas dan menyebabkan iritasi juga. Seseorang yang memiliki tipe jenis kulit ini sangat sensitif terhadap hal hal yang bisa menjadikan kulitnya menjadi lebih kering. Tidak hanya itu garis garis wajah bisa nampak terlihat jelas pada kulit jenis ini.

 

  • Berminyak

Kulit jenis ini memiliki tingkat produksi minyak di wajah sangat banyak dan juga memiliki resiko tinggi untuk mudah berjerawat, komedo dan memiliki noda di wajah. Hal ini disebabkan karena pori pori di wajah memproduksi minyak yang berlebih.

 

  • Normal

Kulit jenis ini adalah tipe kulit yang disukai oleh banyak orang hal ini karena kulit jenis ini memiliki tingkat kelembapan yang seimbang dan terjaga tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Kulitnya pun memiliki tekstur yang halus bercahaya, kenyal, dan tentunya sehat. Pori – pori yang biasanya terlihat di kulit normal menjadi nyaris tidak terlihat.

 

  • Kombinasi

Untuk tipe jenis ini biasanya memiliki 2 jenis yang berbeda yaitu jenis kulit yang kering dan berminyak. Dan biasanya area berminyak meliputi daerah dagu, hidung, dan dahi. Dan biasanya kecuali daerah itu kulit memiliki tipe jenis kering. Tidak hanya itu komedo, pori – pori yang besar pun bisa terlihat, kulit mengkilap dimiliki oleh seseorang yang memiliki kulit jenis ini.

 

  • Sensitif

Tipe ini merupakan yang harus paling berhati-hati ketika memilih krim pemutih hal ini karena kandungan krim tidak semuanya cocok untuk kulit jenis ini. Seperti krim yang memiliki kandungan tumbuhan pemilihannya harus diperhatikan. Selain ciri – ciri diatas tipe jenis kulit yang sensitif jika salah dalam pemilihan krim pemakaian bisa saja kulit langsung merah gatal bahkan rusak.

 

#2. Memeriksa Kredibilitas kepada Produsen Terlebih Dahulu

Banyak krim pemutih yang beredar dipasaran sehingga banyak pula merk yang beredar disinilah kita harus lebih selektif dalam memilih krim nya. Seperti mengecek apakah krim sudah tercatat BPOM atau belum. Namun tak banyak juga yang berasal dari merk abal abal sehingga tak jarang banyak korban yang mengalami kerusakan kulit karena salah memilih krim pemutih yang memiliki kandungan yang tepat dengan jenis kulit kita. Sehingga cara yang paling tepat adalah selektif dahulu sebelum membeli agar kita tidak salah memilih produk krim pemutih yang ingin kita pakai kita cek apakah itu benar benar terpercaya dan racikan dokter atau hanya krim buatan yang abal – abal.

 

#3. Cermati Kandungan yang Terdapat di Dalam Krim

Sebelum mengenal lebih jauh apa saja kandungan yang terdapat di dalam krim pemutih kita pahami dahulu bahwa kandungan yang biasanya terdapat di krim pemutih antara lain ekstrak tumbuhan, arbutin, kojic acid, tretinoin dan masih banyak lagi. Berikut saya akan menjelaskan satu persatu silahkan disimak ya.

  • Arbutin

Jika di dalam dunia kedokteran kandungan jenis ini merupakan sumber dari zat yang bernama hydroquinone. Dan kandungan ini sendiri sebenarnya di buat dari pir, mulberry, bearberry, dan cranberry. Kandungan jenis ini memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit wajah.

 

  • Ekstrak buah-buahan

Bahan ini mengandung antioksidan yang dipercaya mampu memutihkan kulit wajah kita, contoh ekstrak buah buahan yang biasanya terdapat di krim adalah raspberry, timun, dan lemon. Untuk bahan ini belum tau pasti apakah memang bisa berguna memutihkan atau tidak. Sehingga para dokter masih melakukan penelitian pada bahan ini.

 

  • Kojic Acid

Bahan jenis ini merupakan bahan yang dipercaya mampu menghambat produksi melanin yang berlebih. Namun berbeda jika digunakan di jepang bahan ini justru dibuat untuk membuat minuman sake atau biasa kita kenal dengan anggur beras dari jepang. Namun bagi kalian yang memiliki tipe jenis kulit sensitif harus berhati hati karena bahan ini bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan sehingga sangat tidak saya rekomendasikan bagi orang yang memiliki kulit yang sensitif.

 

  • Tretinoin

Untuk yang selanjutnya merupakan bahan yang memiliki nama lain retinoid. Bahan ini memiliki khasiat untuk mengurangi pembentukan zat melanin yang berguna untuk memberi warna pada kulit. Tidak hanya itu zat ini juga bisa berguna untuk menipiskan kuliit wajah dan membantu menyerap obat oles yang diberikan ke wajah. Jika kalian memiliki kulit tipe kering dan sensitif sangat tidak dianjurkan menggunakan krim pemutih yang mengandung bahan ini terutama bagi kalian yang sedang hamil atau justru sedang dalam masa kehamilan sangat tidak dianjurkan menggunakan krim yang mengandung bahan ini.

 

  • Merkuri dan Hydroquinone

Untuk kedua bahan ini merupakan bahan yang sangat berbahaya jika di campurkan kedalam krim pemutih namun ada juga produsen yang iseng dan nakal masih tetap menggunakannya. Sebenarnya fungsi dari Hydroquine sendiri adalah untuk menghambat melanin yang di produksi di kulit agar kulit tidak terlalu gelap namun sebenarnya bahan ini belum masuk dan terdaftar di BPOM.

Untuk merkuri memiliki banyak dampak ke tubuh kita dan semua dampak itu negatif. Antara lain bisa menyebabkan sistem saraf rusak, kulit menjadi gatal – gatal, infeksi dapat lebih mudah masuk ke kulit, merusak ginjal manusia, kulit warna bisa berubah dan masih banyak lagi.

 

#3. Konsultasi ke Dokter

Cara ini adalah cara yang paling aman dan saya sarankan kepada anda sebelum membeli krim pemutih. Lebih baik konsultasikan dahulu ke dokter untuk mengecek tipe kulit apakah anda sehingga akan diberikan krim yang cocok untuk kulit kita dan juga aman untuk kulit. Jika kandungan yang terdapata atau krim pemutih belum terdaftar di BPOM lebih baik jangan pernah mencobanya karena yang tidak terdaftar di BPOM biasanya mengandung bahan yang berbahaya.

Demikian artikel mengenai Cara Memilih Krim Pemutih yang Baik dan Aman semoga bermanfaat jika ada hal yang ingin ditanyakan atau ada yang masih di bingungkan silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan ya.