penyebab perut buncit dan cara ampuh mengatasinya

Penyebab Perut Buncit dan Cara Ampuh Mengatasinya

Posted by

Perut buncit merupakan sebuah hal yang sering kita dengar disekitar kita. Perut buncit memang kejadian yang wajar namun sangat mengganggu penampilan dan bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Perut buncit sering disebut juga sebagai obesitas sentral dan sebenarnya penyebab perut buncit adalah lemak yang menumpuk yang terletak di dalam perut.

 

Lemak juga terbagi menjadi 2 jenis yakni lemak viseral dan subkutan. Lemak viseral memiliki pengertian bahwa lemak ini berada di dalam organ tubuh dan tidak terlihat sehingga sering di kaitkan dengan obesitas yang terjadi di dalam perut. Sebaliknya lemak subkutan merupakan lemak yang yang dapat terlihat bahkan bisa dicubit. Diantara kedua lemak tersebut yang paling bahaya adalah lemak viseral karena selain mampu menyebabkan perut buncit lemak ini juga bisa memicu penyakit lain.

 

Penyebab Perut Buncit dan Cara Ampuh Mengatasinya

#1. Penyebab Perut Buncit

Penyebab utama perut buncit adalah lemak, jika kalian makan makanan yang banyak mengandung lemak dan tidak diimbangi oleh kegiatan fisik seperti kegiatan olahraga dan lain sebagainya maka lemak akan menimbun dan itulah yang menyebabkan perut menjadi buncit.

Tidak hanya lemak, jika keluarga kalian mengalami riwayat perut buncit dan sering merokok maka perut pun akan buncit. Seorang wanita yang sudah menopause juga akan mengalami perut buncit, maka bisa disimpulkan ternyata penyebab perut buncit ada banyak.

 

#2. Bahaya Lemak yang Tertimbun di Perut

Perut buncit disebabkan oleh lemak yang tertimbun di dalam perut hal ini sangat menyebabkan bagi kesehatan. Mengapa demikian ? hal ini karena perut buncit disebabkan oleh lemak viseral dan lemak viseral sangat berbahaya bagi tubuh. Jika lemak viseral terus menumpuk maka akan mengeluarkan sebuah senyawa yang biasa disebut senyawa peradangan yang mampu mengganggu metabolisme tubuh dan senyawa peradang tersebut bernama sitokin.

Jika senyawa ini terus menerus muncul maka akan mengakibatkan resiko terkena penyakit jantung dan tentu hal ini adalah hal yang sangat membahayakan. Tidak hanya sitokin, senyawa lain yang dikeluarkan dari lemak viseral adalah asam lemak bebas. Senyawa ini menyerang organ hati sehingga akan mengakibatkan meningkatnya produksi kolesterol buruk dan menurunnya produksi kolesterol baik tentu hal ini akan memicu anda terkena penyakit kolesterol tinggi. Tidak hanya kolesterol asam ini juga bisa mengakibatkan diabetes.

Selain menghasilkan senyawa dan asam lemak diatas, lemak viseral juga mampu mengakibatkan stroke, serangan jantung dan juga darah tinggi. Mengapa demikian ? hal ini karena lemak viseral bisa mengakibatkan perubahan hormon yang bisa mempengaruhi penyempitan di pembuluh darah atau nama lainnya adalah angiotensin.

 

#3. Cara Mengecilkan Perut Buncit

  • Diet dan Olahraga

Jika kalian ingin menghilangkan lemak yang tertimbun di perut maka dengan cara melakukan sit up saja tidak akan menghilangkan lemak di perut anda. Lakukan diet dan juga olahraga sehingga lemak viseral dapat hilang. Karena sebenarnya menghilangkan lemak viseral memang agak susah.

 

  • Hindari Stres

Tanpa kalian sadari stres mampu memicu perut buncit, jadi jika kalian sedang mengalami masalah atau sedang terlalu banyak pikiran lebih baik mengontrol diri saja lakukanlah relaksasi dan jangan sampai stres yang terlalu berat.

 

  • Kurangi Asupan Kalori dalam Tubuh

Kalori harus diperhatikan ketika kita ingin mengurangi lemak di dalam tubuh. Jika kalian serius ingin mengurangi kalori maka minimal kurangi 500 sampai 1000 kalori perhari. Tidak hanya kalori, karbohidrat juga perlu dikurangi dan perbanyaklah mengkonsumsi makan makanan bergizi seperti produk biji bijian utuh, sayuran, protein tanpa lemak, buah, dan susu rendah lemak.

 

  • Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup juga mampu meminimalisir perut menjadi buncit. Setidaknya tidurlah selama 6 sampai 7 jam untuk mencegah perut menjadi buncit.

 

  • Kurangi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol memang sudah terkenal tidak menyehatkan dan memiliki dampak negatif bagi tubuh. Oleh sebab itu kurangi minum minuman beralkohol agar perut tidak buncit, bahkan lebih baik tidak meminumnya lagi sama sekali.

 

  • Sering Melakukan Olahraga Fisik

Lemak yang tertimbun di tubuh bisa menumpuk akibat lemak tersebut tidak diubah menjadi energi. Jika kalian rajin berolahraga terutama olahraga fisik maka lemakpun akan berubah menjadi energi. Apabila kalian tipe orang yang mudah lelah, jalan kaki dan senam yoga juga bisa menjadi alternatif menghilangkan perut buncit.