Tips Jaga Sistem Imun dan Menghindari Jatuh Sakit

Dalam menjaga kesehatan, sistem imun memegang peranan penting. Tubuh yang memiliki imunitas kuat akan terhindari dari masalah virus dan bakteri penyakit. Walaupun tugasnya penting, banyak orang sering lupa merawat sistem imunitas mereka. Bagi Anda yang ingin belajar cara menjaga daya tahan tubuh, mari bahas beberapa tipsnya yang efektif berikut ini:

Cukupi Konsumsi Cairan Tiap Hari

Tubuh manusia terdiri dari 70% cairan. Banyak orang sayangnya meremehkan seberapa banyak cairan yang tubuh butuhkan. Untuk orang dewasa, sehari harus minum minimal 2 liter cairan. Jika tidak mencapai target ini, banyak fungsi tubuh yang tidak maksimal berfungsi. Imunitas juga tidak maksimal berfungsi saat tubuh kekurangan cairan.  Karena hal ini, pastikan minum yang banyak setiap harinya.

Pastikan Asupan Nutrisi yang Seimbang

Jika ingin sehat, Anda harus perhatikan makanan yang dikonsumsi. Sistem imunitas sangat bergantung dari asupan nutrisi. Tanpa adanya gizi yang baik dan seimbang, imunitas biasanya penuh dengan kelemahan.

Sistem imun tidak hanya terdiri dari beberapa sel saja, tapi merupakan kombinasi sel dan jaringan yang membentuk sistem. Contoh saja sel darah putih. Sel ini memakan bakteri dan virus agar tidak mudah menyebar. Tapi sel darah putih merupakan bagian dari sistem imunitas.

Hal seperti sel antibodi, memory-T cell dan sumsum tulang juga memiliki peranan penting. Jadi jika ingin menjaga kondisi imunitas, pastikan konsumsi makanan yang seimbang sebagai pendukungnya. Hal seperti sayuran, buah, kacang – kacangan, daging dan grain harus ada setiap kali Anda mengkonsumsi makanan.

Memiliki Aktivitas Fisik yang Cukup

Seseorang yang sering olahraga akan memiliki imunitas lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak. Hal ini berhubungan dengan tubuh yang dilatih karena aktivitas fisik tersebut. Tubuh yang cukup bergerak akan memiliki metabolisme yang baik.

Nah, karena metabolisme yang baik, penyerapan nutrisi juga makin lancar. Mulai dari energi, menjaga kondisi tubuh dan pembentukan sel baru akan makin baik jika penyerapan nutrisi baik. Jadi pastikan rajin olahraga untuk bentuk daya tahan yang kuat.

Olahraga juga bukan satu – satunya jalan memperbanyak aktivitas fisik. Anda bisa terapkan kebiasaan jalan kaki daripada naik kendaraan atau menggunakan tangga dibandingkan elevator. Hal – hal kecil seperti ini bisa jadi latihan fisik tersendiri bagi Anda yang tidak sempat olahraga rutin.

Hindari Stress

Stress bisa menurunkan berbagai kinerja tubuh. Hormon yang dikeluarkan otak saat stress membuat banyak hal negatif. Mulai dari detak jantung yang cepat, rasa lemas dalam tubuh dan bahkan rambut rontok bisa terjadi. Masalah stress juga mempengaruhi sistem imunitas. Semakin Anda stress, makin lemah juga daya tahan tubuh menghadapi penyakit.

Pastikan Tidur yang Cukup

Tubuh butuh istirahat untuk memperbaiki diri. Kebutuhan produksi sel – sel baru hanya terjadi saat Anda tidur. Karena alasan ini, Anda harus memastikan tidur cukup setiap harinya. Sel – sel yang bekerja dalam sistem imun harus diperbaharui setiap harinya.

Hal seperti sel darah putih misalnya. Tanpa istirahat yang cukup, sel darah putih baru akan lebih sulit diproduksi. Sekalipun tetap dihasilkan oleh sumsum tulang, kualitas sel darah putihnya juga tidak sehat. Asupan nutrisi untuk mendukung kinerja sel darah putih tidak akan terserap baik tanpa istirahat cukup.

Hindari Konsumsi Makanan Instan dan Kemasan Berlebihan

Makanan instan dan kemasan mengandung banyak pengawet. Jika dikonsumsi sering – sering, kandungannya bisa mempengaruhi imunitas. Walaupun tidak menyebarkan penyakit secara langsung, hal seperti radikal bebas bisa terbentuk dari konsumsi rutin. Radikal bebas membuat kinerja imun makin sibuk.

Imun yang harus membersihkan radikal bebas harus bekerja lebih keras menghadapi virus dan bakteri. Jika ingin konsumsi makanan instan dan kemasan, pastikan untuk konsumsi makanan sehat sebagai pengganti. Makanan sehat akan membantu sistem imunitas tetap kuat walau harus bekerja lebih banyak.

Berhenti Konsumsi Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol bisa merusak tubuh. Konsumsi yang rutin bahkan bisa melemahkan imunitas tubuh. Masalah kecil seperti lemas saat tidak konsumsi dua barang ini sudah menjadi tanda bahwa tubuh bermasalah. Rokok dan alkohol bisa memberikan efek ketagihan yang seharusnya dibunuh oleh sistem imunitas.

Saat sudah ketagihan, ini tanda bahwa imun Anda sudah melemah. Jadi masalah seperti penyakit paru – paru, hati, ginjal, kanker dan lain – lain lebih mudah menyerang tubuh Anda. Daripada menghadapi masalah seperti ini, lebih baik berhenti konsumsi rokok dan alkohol.

Dukung Kinerja Imun dengan Supplement

Bagi yang serba sibuk, supplement bisa jadi alternatif cara menjaga imunitas tubuh. Contoh saja sebagai pegawai yang sering lembur, kurang tidur dan stress bisa jadi masalah. Untuk memastikan imun tidak melepas karena hal tersebut, meminum jamu, ramuan herbal atau bahkan pill vitamin bisa membantu.

Tentu saat memiliki supplement, Anda harus pilih – pilih dengan seksama. Sesuaikan kandungan supplement dengan kebutuhan tubuh. Contoh saja Anda jarang makan buah atau sayur. Dalam situasi ini, supplement yang cocok untuk Anda harus mengandung mineral dan vitamin.

Menerapkan pola hidup sehat dengan dukungan asupan suplemen mungkin terlihat sulit. Tapi jika diusahakan sampai terbiasa, Anda dijamin akan memiliki imun yang kuat. Baik virus, bakteri dan kerusakan jaringan tubuh bisa dihindari dengan menerapkan tips – tips di atas.

Jika merasa masih sering sakit, ada baiknya pergi ke dokter untuk check up. Siapa tahu ada masalah lain di dalam tubuh yang mempengaruhi kondisi sistem imun Anda. Dokter juga bisa jadi sarana konsultasi yang baik. Menggunakan pengetahuan para ahli, mereka bisa memberikan masukan jaga imunitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.   

Share on:

Tinggalkan komentar